Pelayanan Desa Sumberejo Kepada Masyarakat Tahun 2022 Mencapai Nilai BAIK!

  • Nov 04, 2022
  • Ali Mahfudhi

Pelayanan Desa Sumberejo Kepada Masyarakat Tahun 2023 Mencapai Nilai SANGAT BAIK!


Survei Kepuasan Masyarakat Desa Sumberejo 2023

  1. Kesesuaian persyaratan dengan jenis layanan. Hasil survey menyatakan bahwa NRR nya adalah 3,46 atau Baik. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pelayanan yang diberikan, memberitahukan secara jelas dan rinci kepada seluruh pengguna jasa layanan tentang persyaratan apa saja yang harus dicukupi oleh masyarakat dan disesuaikan dengan Jenis Pelayanan sehingga mereka tidak mengalami kebingungan ataupun harus bolak balik ketika mengurus satu layanan.
  2. Kemudahan prosedur pelayanan. Hasil survey menunjukkan unsur ini mendapatkan nilai 3,54 atau Sangat Baik. Dalam hal ini kemudahan prosedur layanan dituliskan secara jelas dalam SP (Standar Pelayanan) sehingga setiap tahapan yang harus dilalui diketahui dengan pasti oleh masyarakat pengguna layanan.
  3. Kecepatan waktu pelayanan. Hasil survey unsur ini adalah 3,45 atau Baik. Kecepatan Waktu Pelayanan  yang baik ini akan menjadikan diteruskan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.
  4. Kejelasan/kewajaran biaya pelayanan. Hasil survey menunjukkan nilai 4 atau Sangat Baik. Dalam seluruh layanan yang diberikan tidak membebankan biaya sedikitpun atau GRATIS kepada masyarakat. Dan pada realisasinya memang masyarakat tidak dipungut biaya apapun, sehingga masyarakat merasa puas sebab ketika dalam standar pelayanan dinyatakan bahwa biaya layanan GRATIS maka bener-benar GRATIS.
  5. Kepastian/Kesesuaian produk layanan. Produk spesifikasi jenis pelayanan telah sesuai dengan SOP yang ditetapkan, sehingga hasil pelayanan yang diberikan dan diterima oleh masyarakat tidak mengalami perbedaan. Kesesuaian ini dapat dilihat dari hasil SKM tahun ini yang menjelaskan bahwa unsur produk spesifikasi jenis pelayanan menunjukkan nilai 3,44 atau Baik
  6. Kemampuan/Kompetensi petugas pelayanan. Kompetensi pelaksana dalam hal ini petugas pelayanan memiliki tingkat keahlian dan keterampilan yang baik, sehingga proses dalam memberikan/menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih cepat. Nilai dari unsur ini adalah 3,42 atau Baik.
  7. Perilaku petugas layanan Perilaku pelaksana. Dalam hal ini petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah sopan dan ramah, sehingga unsur ini masuk kategori Baik dengan nilai 3,47.
  8. Penanganan pengaduan, saran dan masukan pelayanan. Penanganan pengaduan, saran dan masukan dilingkungan telah sesuai dengan SOP yang ditetapkan, sehingga setiap pengaduan dan tindak lanjut yang dirasakan oleh masyarakat sudah dapat dirasakan dampak perubahannya. Kesesuaian ini dapat dilihat dari hasil SKM tahun ini yang menjelaskan bahwa unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan dikategorikan Sangat Baik dengan nilai 3,89. Kepastian adanya sarana dan prasarana Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, selalu memperhatikan sarana prasarana yang baik, nyaman.  sehingga berdasarkan Hasil Survey ini unsur Kepastian adanya sarana dan prasarana berkatagori Baik dengan nilai 3,37

Hasil SKM di Pemerintah Desa Sumberejo adalah SANGAT BAIK yaitu dengan nilai 89,02 dapat diunduh di sini


Survei Persepsi Masyarakat 2023

Berdasarkan Survei Perilaku Masyarakat 2023 telah menunjukkan bahwa Pelayanan yang dilakukan oleh Pemdes Sumberejo telah:

  1. Memberikan pelayanan yang jujur, berintegritas, bertanggung jawab, dan sesuai etika
  2. Memberikan pelayanan tanpa pandang bulu
  3. Merasa tidak perlu diberikan imbalan
  4. Tidak meminta imbalan atas jasa Desa Sumberejjo
  5. Tidak ada konflik kepentingan
  6. Tidak melakukan pungli, percaloan, dan perantara
  7. Transparan dalam segala hal yang dilakukan
  8. Telah dipertanggung jawabkan dengan baik

 


Pelaksanaan SKM dilakukan pada bulan September tahun 2022, dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Penyiapan bahan / kuesioner; Pemerintah Desa Sumberejo menyusun instrumen survey berpedoman pada Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2014.
  2. Penetapan responden, lokasi dan waktu pengumpulan; Jumlah responden ditetapkan sebanyak 25 responden yang ditentukan secara acak yang diambil dari nama-nama masyarakat yang menggunakan layanan Pemerintah Desa Sumberejo dan masyarakat pengguna layanan yang datang di Kantor Desa Sumberejo dalam kurun waktu bulan September 2022, Adapun rinciannya adalah Pengguna layanan yang datang sejumlah 25 orang responden;
  3. Pelaksanaan survey; Penyebaran kuesioner di mulai sejak tanggal 1 s.d  20 September 2022.
  4. Pengolahan hasil survey; Pengolahan dilakukan selama 4 (empat) hari kerja pada tanggal  20 s.d 23 September 2022, Kuesioner yang masuk diolah dalam data entri komputer untuk mendapatkan nilai dari masing-masing unsur pelayanan. Untuk kuesioner SKM seluruhnya kuantitatif sehingga pengolahannya berpedoman pada rumus yang telah ditetapkan.
  5. Pelaporan hasil; Pelaporan hasil dibuat tanggal 26 September 2022.

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa data atas hasil SKM di Pemerintah Desa Sumberejo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

  1. SKM tahun 2022 dilaksanakan mulai bulan September 2022;
  2. Responden SKM adalah para masyarakat pengguna layanan;
  3. SKM dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang pedoman survai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, dimana terdapat 9 unsur yang kemudian diterjemahkan dalam 9 pertanyaan;
  4. Hasil SKM di Pemerintah Desa Sumberejo adalah BAIK yaitu dengan nilai 88,22.

Dokumen Survey Kepuasan Masyarakat 2022 dapat diunduh (di sini)


Berdasarkan Survei Perilaku Masyarakat  2022 telah menunjukkan bahwa Pelayanan yang dilakukan oleh Pemdes Sumberejo telah:

  1. Sangat mudah
  2. Sangat cepat
  3. Tidak pernah ada permintaan biaya
  4. Sesuai dengan layanan yang dibutuhkan
  5. Gratis
  6. Memberikan penjelasan dengan jelas
  7. Memberikan sikap yang sangat sopan dan sangat ramah
  8. Menangani masalah dengan sangat baik
  9. Penggunaan peralatan telah efektif
  10. dan terlibat dalam penyusunan program Desa

Dokumen Survey Perilaku Masyarakat 2022 dapat diunduh (di sini)